Sebuah Manfaat

Masa pandemi Covid-19 belum berakhir hingga aku masuk kuliah. Otomatis, masa pengenalan lingkungan kampus dilaksanakan secara daring. Reaksi teman-teman satu angkatanku berbeda-beda. Ada yang mengeluh, ada yang biasa saja. Jargon yang paling banyak kutemui adalah "Ospek Kok Online?"

 Aku sendiri pernah merasakan masa pengenalan yang masih seperti dulu, ada hukuman marah-marah, dan lain sebagainya yang pasti kamu pernah dengar. Ospek online memang kurang berkesan bagi sebagian orang.

Menurutku, pengenalan kampus daring seperti ini sudah sangat benar mengingat pandemi belum berakhir dan Indonesia masih dalam keadaan darurat. Selain itu, semua pengerjaan tugas yang dilakukan secara daring semasa masa pengenalan, membantu mahasiswa baru membiasakan diri secara cepat untuk mempersiapkan kuliah yang juga daring. Dari persiapan gawai, hingga membiasakan diri mencatat cepat. Aku beruntung disuruh mengenali dan sebelum menjalani. Tidak seperti kakak tingkat atau siswa siswi sekolah yang tiba-tiba serba daring. 

Tahukah kamu? Aku salut pada panitia pengenalan lingkungan kampus. Semua set sudah di tata. Video untuk ditampilkan siap semua. Bahkan, ada aplikasi untuk pengenalan lingkungan kampus. Di aplikasi itu, aku bisa bermain gim, memesan merch pengenalan lingkungan kampus, dan mengumpulkan tugas. Penggunaan aplikasi membantuku juga ketika berkuliah. Di kampusku, ada aplikasi yang membantuku untuk absen, membuka modul, dan lain sebagainya. Kalau tidak terbiasa dengan semua itu, bagaimana mau cepat tanggap dalam mengerjakan tugas?
 
Memang pada hari pertama ada kendala yang menyebabkan jadwal tertunda dan acara berakhir saat maghrib. Menurutku itu semua sudah terbayar. 

Disini opiniku sangat subjektif pada program pengenalan kampusku. Tentu saja karena aku berkuliah disana. Kalau kampus lain, mana mungkin aku mengetahuinya. 

Entah bagaimana orang lain, aku hanya suka menuliskan pikiranku sendiri sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah Halaman

Sesuatu Yang Harus di Tulis

Rahma: A State of Mind (1)